KABARSULTRA.ID, KONAWEUTARA – Bagian Organisasi dan Tata Laksana (Ortala) Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Konawe Utara (Konut) bersama Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Konut mulai laksanakan sosialisasi Aplikasi Sistem Informasi Kepegawaian Nasional (SIMPEGNAS), Kamis (11/01/2023)
Diketahui Bagian Ortala Setda Konut laksanakan sosialisasi Aplikasi Simpegnas terhadap Admin Dinas Kesehatan (Dinkes) Konut. Dalam sosialisasi tersebut, di paparkan langsung tim ahli aplikasi Sempegnas terkait tata cara pengunaan aplikasi itu.
Kabag Ortala Setda Konut Ahmad Sukamto Thayeb, menuturkan bahwa pelaksanaan sosialisasi yang pihaknya lakukan mudah dipahami oleh para peserta.
“Tadi sudah dijelaskan oleh ahlinya terkait fitur-fitur dalam aplikasih ini meliputi terkait manajemen kepegawaian, manajemen kinerja, manajemen kehadiran berbasis location Based presense dan alhamdulillah mereka cepat memahaminya,”tutur Ahmad saat di jumpai usai kegiatan.
Kata Ahmad Sukamto sosialisasi terkait aplikasi Simpegnas yang pertama kali ini diapresiasi oleh Dinkes Konut karena mudah dipahami cara pengunaannya.
“Insya Allah senin yang akan datang secara serentak Aplikasi Simpegnas ini akan digunakan Dinkes. Dan kami akan kembali lakukan sosialisasi di setiap OPD dor to dor yang kami bagi dua tim, yakni kami dari Ortala dan dari Dinas BKPSDM,” ujarnya.
Untuk informasi, Aplikasi Simpegnas merupakan sistem informasi kepegawaian nasional yang terintegrasi dengan data kepegawaian dan kinerja pegawai.
Dimana fitur-fitur dalam aplikasi ini meliputi terkait manajemen kepegawaian, manajemen kinerja, manajemen kehadiran berbasis Location Based Presense (LBS).
Ia menambahkan, penggunaan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik melalui Aplikasi Location Based Presence Simpegnas atau yang lebih dikenal absensi digital berbasis titik lokasi ini juga bagian dari upaya Pemerintah Kabupaten Konawe Utara dalam proses reformasi birokrasi dan manajemen pegawai negeri sipil yang berkualitas.
“Tujuan dari pada penggunaan aplikasi Simpegnas ini untuk Pemda Konawe Utara yakni mengelola data aparatur sipil negara yang akan di integrasikan dengan data kepegawaian dalam hal ini dengan manajemen maya ASN yang terintegrasi dengan SKT atau sasaran kinerja pegawai yang di gunakan dalam kenaikan pangkat,” tutupnya. (Red)